Welcome to My Blog

Kamis, 30 Mei 2013

Minor Melodis dan Harmonis

halo...halo...halo..... setelah kemaren udah bahas tangga nada minor, sekarang kita coba bahas jenisnya. nha, hari ini yang kita mau bahas adalah tangga nada minor harmonis ama minor melodis,
apa itu minor melodis dan harmonis? bagaimana membuatnya? so check this out !!!!!!

1. Tangga Nada Minor Melodis
tangganada ini merupakan tangga nada minor yang nada ke enam sama ketujunya dinaikkan setengah nada ketika naik dan ketika turun akan kembali ke tangganada minor asli, langsung aja ini contohnya pada tangganada Am melodis

Naik >>> A B C D E F# G# A' >>> dan ketika turun menjadi <<< A' G F E D C B A <<< Turun.

nha simpel kan? untuk tannganada yang lain sama aja yang penting pas naik nada ke enam dan ke tujuhnya dinaikkin setengah terus pas turun tinggal dipugar deh (dikembalikan).

2. Tangga Nada Minor Harmonis
kalau yang ini sob, lebih enak, naik turun sama aja, kuncinya adalah pada nada ke tujuh yang harus dinaikkan setengah, jadi untuk membuat tangganada minor harmonis nada ketujuh harus dinaikkan setengah baik pas naik maupun pas turun. Langsung aja deh biar lebih jelas, ini sob contohnya sikaaat......!!!!!!

- pada tangganada Am Harmonis
  A B C D E F G# A'

- pada tangganada Em Harmonis
  E F# G A B C D# E'

okelah sob, sekian dulu tentang minor melodis dan harmonis, selamat mencoba, semoga bermanfaat ditunggu komennya ya... biar bisa belajaar bersama... YOU ROCK!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar